Penerapan Asesmen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Prosedur dengan Model PjBL di SMP Negeri Kota Jambi

Safitri, Lindriana and Rustam, Rustam and Kusmana, Ade (2025) Penerapan Asesmen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Prosedur dengan Model PjBL di SMP Negeri Kota Jambi. S2 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (75kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
TESIS_LINDRIANA SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Safitri, Lindriana. 2024. “Penerapan Asesmen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Teks Prosedur dengan Model PjBL di SMP Negeri Kota Jambi”, : Tesis, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. (2) Dr. Drs. Ade Kusmana, M.Hum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan asesmen dalam pembelajaran diferensiasi pada materi teks prosedur dengan model project based learning di SMP Negeri Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian yang digunakan berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi tentang penerapan asesmen dalam pembelajaran diferensiasi menggunakan model project based learning. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 10 Kota Jambi dan SMP Negeri 25 Kota Jambi. Penerapan asesmen di dalam pembelajaran diferensiasi ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu perencanaan asesmen, pelaksanaan asesmen, dan refleksi guru terhadap penerapan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asesmen di dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks prosedur dengan model PjBL terdapat beberapa asesmen yang diterapkan yaitu assessment as learning pada diferensiasi proses dan konten, assessment for learning yang digunakan sebagai penilaian selama pembelajaran, dan assesment of learning pada diferensiasi proses. Kata kunci: Asesmen, Pembelajaran Berdiferensiasi, Teks Prosedur, Project Based Learning

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: LINDRIANA SAFITRI
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:37
Last Modified: 10 Jan 2025 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74041

Actions (login required)

View Item View Item