Mustofa, Mustofa (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN ACTIVE DEEP LEARNER EXPERIENCE (ADLX) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI SMA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Thesis)
Thesis Mustofa (P2A921021).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran Active Deep Learner Experience (ADLX) terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas XI di SMAIT Ash-Shiddiiqi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode campuran (mixed method) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner dan tes serta pendekatan kualitatif melalui wawancara. Desain penelitian One-Group Pretest-Posttest digunakan untuk mengukur perubahan hasil belajar dan motivasi siswa sebelum dan sesudah penerapan ADLX. Sampel diambil secara purposive sampling dari kelas XI IPA Putra dan Putri. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar matematika siswa, dengan nilai rata-rata pretest 70.80 dan posttest 78.17. Korelasi kuat (0.884) dan nilai signifikansi 0.000 menunjukkan peningkatan ini sangat signifikan. Wawancara kualitatif mengungkapkan bahwa ADLX meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui pengalaman nyata dan contoh konkret, yang membantu mereka mengaitkan teori dengan praktik dan meningkatkan daya ingat. Namun, analisis regresi moderasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tidak memoderasi pengaruh ADLX terhadap hasil belajar, dengan koefisien interaksi yang sangat kecil dan tidak signifikan. Meskipun begitu, wawancara kualitatif menunjukkan bahwa ADLX memiliki dampak positif yang besar terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ADLX dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan hasil belajar secara signifikan tetapi juga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui pendekatan yang lebih relevan dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun ada tantangan adaptasi awal, manfaat jangka panjang ADLX dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sangat signifikan, menjadikannya sebagai pendekatan pembelajaran yang efektif dan potensial untuk diterapkan lebih luas di berbagai bidang pelajaran.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mustofa |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:57 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |