Pengaruh Teknologi Digital dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi

Rere, Resliana (2024) Pengaruh Teknologi Digital dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (462kB)
[img] Text
Bab 5 .pdf

Download (210kB)
[img] Text
Cover (1).pdf

Download (328kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
SKRIPSI RESLIANA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (505kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di sekolah memiliki tujuan di keberhasilan proses belajar. Salah satu cara agar proses pembelajaran berhasil, guru harus membimbing siswa dengan sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengembangkan pengetahuan sesuai dengan struktural bidang pebelajaran yang mereka pelajari. Pemanfaatan teknologi dan literasi digital yang masih rendah menjadi tugas pengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan google form. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dan Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Kota Jambi baik secara parsial maupun simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 4 Kota Jambi sebanyak 95 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan secara parsial bahwa penggunaan teknologi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel = 60,69 > 1,660 dan nilai sig 0,000 < 0,05. secara parsial variabel literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai sig lebih besar dibanding 0,05 atau 0.000< 0.05, dan nilai thitung > ttabel = 13,23 > 1,660. Secara simultan penggunaan teknologi digital dan literasi digital terhadap hasil belajar berpengaruh positif dan signifikan. Dengan nilai uji Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 16,782 > 3.09 dan nilai sig lebih kecil dari 0.05 yaitu 0.00 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan teknologi digital dan literasi digital serta kaitannya dengan hasil belajar, dan diharapkan menjadi literatur agar dapat memaksimalkan penggunaan teknologi digital dan literasin digital kea rah positif utuk bias mendongkrak hasil belajar siswa. The organization of education in schools has a goal in the success of the learning process. One way to make the learning process successful, teachers must guide students in such a way that they can develop knowledge in accordance with the structure of the learning field they are studying. The low utilization of technology and digital literacy is the task of teachers to improve student learning outcomes. This research is a quantitative approach with the Ex-post Facto method. The data collection technique in this study used google form. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis. This study aims to determine the effect of the use of digital technology and digital literacy on student learning outcomes at Sma Negeri 4 Jambi City both partially and simultaneously. The sample in this study were grade XI students at SMAN 4 Jambi City totaling 95 students. Based on the results of the study, it shows partially that the use of digital technology has a positive and significant effect on learning outcomes with a tcount value greater than the ttable = 60.69> 1.660 and a sig value of 0.000 < 0.05. partially the digital literacy variable has a positive and significant effect on learning outcomes with a sig value greater than 0.05 or 0.000 < 0.05, and the value of tcount> ttable = 13.23> 1.660. Simultaneously, the use of digital technology and digital literacy on learning outcomes has a positive and significant effect. With the Fcount test value greater than Ftable, namely 16.782> 3.09 and the sig value is less than 0.05, namely 0.00 <0.05. Based on the results of this study, it is hoped that it can increase knowledge and insight regarding matters relating to the use of digital technology and digital literacy and their relation to learning outcomes, and is expected to become literature in order to maximize the use of digital technology and digital literacy in a positive direction to be able to boost student learning outcomes.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Teknologi Digital, Literasi Digital, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: RESLIANA
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:38
Last Modified: 16 Jan 2025 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/74612

Actions (login required)

View Item View Item