MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI PAUD PERMATA IBU KABUPATEN MUARO JAMBI

NURSIWI, PUTRI IKA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI PAUD PERMATA IBU KABUPATEN MUARO JAMBI. jurnal MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI PAUD PERMATA IBU KABUPATEN MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (61kB)
[img] Text
4 HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL DAN GRAFIK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Ika Nursiwi, 2018. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di PAUD Permata Ibu Kabupaten Muaro Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd, (2) Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi. Kata Kunci : Perkembangan Kognitif, Pemecahan Masalah, Metode Proyek. Penelitian ini berlatar belakang yaitu perkembangan kognitif pada pemecahan masalah anak usia dini di PAUD Permata Ibu Kabupaten Muaro Jambi masih belum berkembang dengan optimal dikarenakan pada saat proses pembelajaran anak masih mengalami kesulitan serta lamban dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, dan anak masih belum mampu menunjukkan sikap kreatif pada saat menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kognitif pada pemecahan masalah anak usia dini sebelum dan setelah adanya tindakan metode proyek dan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif pada pemecahan masalah anak usia dini melalui metode proyek di PAUD Permata Ibu KAbupaten Muaro Jambi. Perkembangan kognitif pada pemecahan masalah yang di maksud dalam penelitian ini yaitu manunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik, memecahkan masalah sederhana sehari-hari dengan cara yang leksibel dan diterima social, menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru, dan menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobsevasi dan melakukan refleksi terhadaphasil akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus masing-masing 3 kali pertemuan. Data deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi angket, dan dokumentasi. Peneliti ini dalam pengolahan data berkolabirasi dangan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang telah disediakan daam setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif pada pemecahan masalah anak usia dini melalui metode proyek di PAUD Permata Ibu Kabupaten Muaro Jambi yaitu : Dari pratindakan 25.25%, siklus I pertemuan ke-1 25.71%, siklus I pertemuan ke-2 29.12%, siklus I pertemuan ke-3 31.63%, siklus II pertemuan ke-1 56.42%, siklus II pertemuan ke-2 60.56%, siklus II pertemuan ke-3 64.71%, siklus III pertemuan ke-1 69.69%, siklus III pertemuan ke-2 88.08%, akhirnya siklus III pertemuan ke-3 92.70% melebihi kriteria nilai ketuntasan 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif pada pemecahan masalah anak usia dini melalui metode proyek di PAUD Permata Ibu Kabupaten Muaro Jambi mengalami peningkatan yang sangat baik melebihi keberhasilan 90%, maka penelitian tindakan kelas ini di anggap berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI IKA NURSIWI
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:48
Last Modified: 04 Apr 2019 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item