Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Peserta Didik Kelas XI SMA

Pangesty, Linda (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Pembelajaran Menulis Naskah Drama Pada Peserta Didik Kelas XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTER RUJUKAN.pdf

Download (293kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan mendeskripsikan kelayakan video pembelajaran berbasis aplikasi canva dalam pembelajaran menulis naskah drama pada peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. yang terdiri atas beberapa tahapan yakni analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini hanya menerapkan tahap analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai validator ahli media, guru bahasa Indonesia sebagai validator ahli materi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai alat utama untuk memperoleh data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan video pembelajaran melibatkan tiga tahap, yakni tahap analisis yang mencakup analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis materi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat, fokus, dan motivasi belajar peserta didik sehingga meningkatkan keaktifan dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Hasil analisis ini dijadikan dasar dalam tahap desain video pembelajaran yang diawali dengan pembuatan naskah, pembuatan storyboard sebagai rancangan awal media, pengumpulan bahan, serta penggabungan segala bahan dan pengeditan menggunakan aplikasi Canva. Media kemudian memasuki tahap pengembangan yang meliputi uji validasi oleh ahli media yang memberikan penilaian dengan presentase 86% dengan keterangan “sangat valid”, sementara validator ahli materi memberikan penilaian dengan presentase 92% “sangat valid”. Berdasarkan hasil tersebut, video pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dan valid secara teoritis sebagai media pendukung pembelajaran menulis naskah drama bagi peserta didik kelas XI SMA. This study aims to describe the development process and assess the feasibility of instructional videos based on the Canva application in teaching drama script writing to eleventh-grade high school students. This research employs the Research and Development (R&D) approach, following the ADDIE model, which consists of several stages: analyze, design, development, implementation, and evaluation. However, this study only applies the analysis, design, and development stages. The research subjects include lecturers in Indonesian Language and Literature Education as media expert validators and Indonesian language teachers as material expert validators. The primary data collection instrument used in this study is a questionnaire to obtain relevant data. The research findings indicate that the instructional video development procedure involves three stages. The analysis stage includes needs analysis, student characteristics analysis, curriculum analysis, and material analysis. The needs analysis results show that both teachers and students require learning media that can enhance students' interest, focus, and motivation, thereby increasing student engagement and creativity in learning. These findings serve as the foundation for the instructional video design stage, which begins with scriptwriting, storyboard creation as the initial media design, material collection, and the integration and editing of all materials using the Canva application. The media then enters the development stage, which includes validation testing by media experts, who provided a rating of 86%, categorized as "highly valid," while material experts gave a rating of 92%, also classified as "highly valid." Based on these results, the developed instructional video is deemed feasible and theoretically valid as a supporting medium for teaching drama script writing to eleventh-grade high school students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, teks drama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: PANGESTY
Date Deposited: 10 Mar 2025 03:40
Last Modified: 10 Mar 2025 03:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/75988

Actions (login required)

View Item View Item