Yulfanny, Rifka (2025) Pengembangan e-LKPD Berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) Pada Materi faktor Laju Reaksi Untuk Mendukung Literasi Sains Peserta Didik. S1 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (169kB) |
Abstract
Penelitian ini mengembangkan e-LKPD berbasis LSLC yang mengutamakan kerja kelompok dan kerja sama dalam proses pembelajaran untuk mendukung literasi antar peserta didik. Pembelajaran abad ke-21 ini menuntut peserta didik harus memiliki keterampilan seperti kemampuan dalam beradaptasi, kreativitas, inovasi, kecerdasan dan rasa ingin tahu. Mewujudukan hal tersebut, beberapa ilmu yang perlu dipelajari oleh peserta didik terutama di Sekolah Menengah Atas (SMA), salah satunya adalah kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan e-LKPD berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) pada materi faktor laju reaksi yang spesifik untuk membuat peserta didik tertarik belajar kimia secara berkelompok dan untuk mengetahui apakah e-LKPD berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC) pada materi faktor laju reaksi yang didesain khusus untuk peserta didik kelas XI Fase F-4 SMAN 1 Muaro Jambi yang dikembangkan layak secara teoritis maupun praktis. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan model Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar wawancara dan angket. Produk yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh ahli materi dan media, serta dinilai oleh guru. Selanjutnya, produk tersebut diujicobakan dalam kelompok kecil. Data yang diperoleh dianalis secara kualitatif (komentar dan saran) dan kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan memenuhi standar kelayakan. Diperoleh rerata skor dari ahli materi yaitu 4,9 (sangat layak dengan beberapa revisi) dan dari ahli media yaitu 4,7 (sangat layak dengan beberapa revisi) sehingga dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan penilaian dari guru yang berisikan bahwa e-LKPD yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada peserta didik, dengan rerata skor 4,6 (sangat baik). Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik yaitu 89,47% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan dan penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis LSLC pada materi faktor laju reaksi ini telah memenuhi standar kelayakan dan berpotensi sebagai bahan ajar yang efektif untuk mendukung literasi sains peserta didik, berdasarkan pendapat ahli dan penilaian guru. This research develops e-LKPD based on Lesson Study For Learning Community (LSLC) which prioritizes group work and collaboration in the learning process to support literacy among students. 21st-century learning demands that students have skills such as adaptability, creativity, innovation, intelligence, and curiosity. To achieve this, several sciences need to be studied by students, especially in high school, one of which is chemistry. This research aims to determine the development process of e-LKPD based on Lesson Study For Learning Community (LSLC) on the material of reaction rate factors which is specific to make students interested in learning chemistry in groups and to determine whether e-LKPD based on Lesson Study For Learning Community (LSLC) on the material of reaction rate factors which is specially designed for students of class XI Fase F-4 SMAN 1 Muaro Jambi is feasible theoretically and practically. This research uses a development method with the Lee & Owens model. The research instruments used consist of interview sheets and questionnaires. The resulting product is then validated by material and media experts, and assessed by teachers. Furthermore, the product is tested in small groups. The data obtained is analyzed qualitatively (comments and suggestions) and quantitatively (score answers and percentages). The results of the study indicate that the developed e-LKPD meets the feasibility standards. The average score from material experts is 4.9 (very feasible with some revisions) and from media experts is 4.7 (very feasible with some revisions), so it is declared feasible for testing. Furthermore, based on the assessment from teachers, which states that the developed e-LKPD has been suitable and feasible for testing on students, with an average score of 4.6 (very good). And gets a very good response from students with a percentage of student responses of 89.47% (very good). Based on the results of the development and research, it can be concluded that the e-LKPD based on LSLC on the material of reaction rate factors has met the feasibility standards and has the potential as an effective teaching material to support students' science literacy, based on expert opinions and teacher assessments.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, e-LKPD, LSLC, Literasi Sains,dan Faktor Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | YULFANNY |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 03:14 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |