Pengembangan Ensiklopedia Digital Pada Pembelajaran IPAS Materi Energi Di Sekitar Kita Kelas IV Sekolah Dasar

Enjelina Simarmata, Debora (2025) Pengembangan Ensiklopedia Digital Pada Pembelajaran IPAS Materi Energi Di Sekitar Kita Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER_.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I_.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar memerlukan sumber belajar yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik, khususnya pada materi energi di sekitar kita. Namun, keterbatasan sumber belajar yang interaktif dan mudah diakses sering menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia digital sebagai media pembelajaran IPAS pada materi energi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi tingkat validitas dan kepraktisan dari ensiklopedia digital yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan utama, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia digital yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi berdasarkan hasil validasi oleh para ahli. Validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,5 (kategori sangat valid), validasi oleh ahli desain memperoleh skor rata-rata 4,8 (kategori sangat valid), dan validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 4,6 (kategori sangat valid). Selain itu, uji kepraktisan menunjukkan bahwa angket respons pendidik memperoleh skor rata-rata 4,8 (kategori sangat praktis), sedangkan angket respons peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,96 (kategori sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia digital ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPAS karena memiliki tingkat validitas dan kepraktisan yang tinggi. Learning Natural and Social Sciences (IPAS) in elementary schools requires innovative learning resources to improve students' understanding, especially on the energy material around us. However, the limited interactive and easily accessible learning resources often become obstacles in the learning process. Therefore, this study aims to develop a digital encyclopedia as an IPAS learning medium on energy material for fourth grade elementary school students. In addition, this study also evaluates the level of validity and practicality of the developed digital encyclopedia. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which includes five main stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research data consists of qualitative and quantitative data. The results of the study indicate that the developed digital encyclopedia has a very high level of validity based on the validation results by experts. Validation by material experts obtained an average score of 4.5 (very valid category), validation by design experts obtained an average score of 4.8 (very valid category), and validation by language experts obtained an average score of 4.6 (very valid category). In addition, the practicality test showed that the educator response questionnaire obtained an average score of 4.8 (very practical category), while the student response questionnaire obtained an average score of 4.96 (very practical category). Thus, it can be concluded that this digital encyclopedia is very suitable for use in science learning because it has a high level of validity and practicality.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Energi, IPAS, Ensiklopedia Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Debora Enjelina Simarmata
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:44
Last Modified: 02 Aug 2025 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76645

Actions (login required)

View Item View Item