Septian, Rara Akda (2025) Perbandingan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
FULL THESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Septian,Rara Akda.2025,“ Perbandingan Model Pembelajaran Collaborative Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi”.Tesis, Jambi:Program Studi Magister Pendidikan Kimia,Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi. Pembimbing:(1) Prof. Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M. Si.,(2)Dr. Dra. Zurweni, M. Si Kata Kunci : Collaborative-Creative,Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa Kurikulum merdeka mendorong siswa untuk bisa mengembangkan kemampuan kritis, kreatif, serta inovatif. Perlu pemilihan model yang mendukung yaitu model pembelajaran Collaborative-Creative dan PBL Bermedia Laboratorium Virtual. Penelitian ini dilakukan untuk melihat Perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Metode penelitian Quasi Eksperiment dengan pengambilan data berupa random sampling, kelas eksperimen I menggunakan model Collaborative-Creative, kelas eksperimen II menggunakan model PBL, dan kelas kontrol menggunakan discovery learning. Keterampilan proses sains siswa diukur dengan tes essay dan instrumen penilaian. Hasil data menunjukkan peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen I 42,91%-8,41%, kelas eksperimen II 44,30%-78,79%, dan kelas kontrol48,56%-76,38%. Dari rata-rata kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol dikategori cukup baik. Berdasarkan penelitian disimpulkan terdapat perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative-Creative,Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rara Akda Septian |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:02 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |