Perbandingan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Muaro Jambi

Septian, Rara Akda (2025) Perbandingan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (238kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
FULL THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Septian,Rara Akda.2025,“ Perbandingan Model Pembelajaran Collaborative Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi”.Tesis, Jambi:Program Studi Magister Pendidikan Kimia,Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi. Pembimbing:(1) Prof. Dr.rer.nat. H. Rayandra Asyhar, M. Si.,(2)Dr. Dra. Zurweni, M. Si Kata Kunci : Collaborative-Creative,Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa Kurikulum merdeka mendorong siswa untuk bisa mengembangkan kemampuan kritis, kreatif, serta inovatif. Perlu pemilihan model yang mendukung yaitu model pembelajaran Collaborative-Creative dan PBL Bermedia Laboratorium Virtual. Penelitian ini dilakukan untuk melihat Perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Metode penelitian Quasi Eksperiment dengan pengambilan data berupa random sampling, kelas eksperimen I menggunakan model Collaborative-Creative, kelas eksperimen II menggunakan model PBL, dan kelas kontrol menggunakan discovery learning. Keterampilan proses sains siswa diukur dengan tes essay dan instrumen penilaian. Hasil data menunjukkan peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen I 42,91%-8,41%, kelas eksperimen II 44,30%-78,79%, dan kelas kontrol48,56%-76,38%. Dari rata-rata kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol dikategori cukup baik. Berdasarkan penelitian disimpulkan terdapat perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Collaborative-Creative dan Problem Based Learning Bermedia Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Collaborative-Creative,Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Rara Akda Septian
Date Deposited: 10 Apr 2025 04:02
Last Modified: 10 Apr 2025 04:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76778

Actions (login required)

View Item View Item