PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI KIMIA HIJAU

Rovita, Risma Della Elviani and Asrial, Asrial and Dewi, Fatria (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATERI KIMIA HIJAU. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (69kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I (4).pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (197kB)
[img] Text
FIKS FULL SKRIPSI RISMA DELLA ELVIANI ROVITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Video merupakan media audio visual yang menampilkan gambar, teks, dan suara. Video pembelajaran menyajikan materi, informasi dan menjelaskan konsep-konsep yang rumit kepada peserta didik dengan lebih menarik. Video pembelajaran ini menyajikan materi yang diintegrasikan dengan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran terintegrasi Profil Pelajar Pancasila menurut validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru serta respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Pengembangan video pembelajaran terintegrasi Profil Pelajar Pancasila ini menggunakan model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari tahap analisis (analysis), Desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Produk pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru bidang studi kimia yang setelahnya diuji cobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran terintegrasi Profil Pelajar Pancasila mendapatkan hasil validasi kelayakan ahli materi sebesar 4,3 dengan kategori Sangat Layak, ahli media sebesar 4,8 dengan kategori Sangat Layak, penilaian guru sebesar 4,54 dengan kategori Sangat Layak, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 89,69%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada materi kimia hijau yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Kimia Hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: RISMA DELLA ELVIANI ROVITA
Date Deposited: 23 Apr 2025 07:30
Last Modified: 23 Apr 2025 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77732

Actions (login required)

View Item View Item