PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK, FASILITAS BELAJAR, DAN KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

FEBRIYANTI, NURUL FITRI (2025) PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK, FASILITAS BELAJAR, DAN KINERJA DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan_Nurul Fitri Febriyanti.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan akademik, fasilitas belajar, dan kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Dengan meningkatnya jumlah mahasiswa setiap tahun, perguruan tinggi ini menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, seperti peningkatan mutu layanan akademik, optimalisasi fasilitas belajar, dan perbaikan kualitas dosen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan program SmartPLS versi 4. Jumlah Sampel Penelitian 155. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas layanan akademik secara signifikan mempengaruhi kepuasan mahasiswa, dengan nilai P-Value sebesar 0,002 dan T-statistik sebesar 3,039 . fasilitas belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dapat diterima, nilai P-Value sebesar 0.006 dan Nilai T-statistik sebesar 2,767 . pengaruh signifikan antara kinerja dosen dan kepuasan mahasiswa dapat diterima dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, nilai P-Value sebesar 0.000 dan Nilai T-statistik sebesar 4,339 Kualitas layanan akademik, fasilitas belajar, dan kinerja dosen secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kinerja dosen adalah variabel (X) yang paling kuat mempengaruhi kepuasan mahasiswa (Y) Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Ketiga variabel ini merupakan komponen strategis yang harus diperhatikan oleh institusi pendidikan tinggi untuk menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Layanan Akademik, Fasilitas Belajar, Kinerja Dosen, Kepuasan Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nurul Fitri Febriyanti
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:35
Last Modified: 03 Aug 2025 11:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77872

Actions (login required)

View Item View Item