Octavia, Astri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
BAB 1...pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB 5...pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
cover...pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA...pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi FIXS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan Astri.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti dilapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak masih terdapat beberapa permasalahan diantaranya 5 anak yang belum mampu mencocokan bilangan dengan gambar bilangan, dan juga peneliti menemukan 6 anak yang belum mampu mengenal huruf vokal dan konsonan. 8 anak yang masih belum mampu dalam mengenal angka dan menyebutkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec.Pelepat Ilir Kab.Bungo. Penelitian ini menggunakan metote Pre- Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini yaitu 28 anak pada kelas B. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Dalam penelitian ini menggunakanlembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah diuji validasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test. Hasil dari data menggunakan pengujian hipotesis uji-t Paired Samples Test diperoleh nilai (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo pada data pre-test dan posttest. Untuk melihat berapa besar pengaruh, dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab.Bungo sebesar 4. Hasil tersebut didalam tabel kriteria interprestasi nilai cohen’s termasuk kedalam kategori yang berefek kuat (strong effect) terhadap peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Bina Mulya Kec. Pelepat Ilir Kab. Bungo. This research is based on the observation of the researcher in the field, which showed that children's symbolic thinking ability still has several issues. Among them, 5 children were unable to match numbers with number pictures, and the researcher found that 6 children could not recognize vowel and consonant letters. Additionally, 8 children still struggled to recognize and mention numbers. This study aims to determine the effect of the talking stick learning model on the symbolic thinking ability of children aged 5-6 years at TK Bina Mulya, Pelepat Ilir District, Bungo Regency. This research used a Pre-Experimental Design method with a One Group Pretest-Posttest Design. The sample in this study consisted of 28 children in Class B. The sampling technique used purposive sampling. Data collection was carried out through observation. In this study, an observation sheet was used as the research instrument, which had been validated. The data analysis technique used in this study included normality tests, homogeneity tests, and hypothesis testing using the Paired Samples Test. The results from the hypothesis test using the Paired Samples Test showed a (Sig. 2-tailed) value of 0.000, which is smaller than 0.05, indicating that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. It can be concluded that there is a significant effect between the symbolic thinking ability of children aged 5-6 years at TK Bina Mulya, Pelepat Ilir District, Bungo Regency based on the pre-test and post-test data. To determine the effect size, Cohen's formula was used, and the effect size of the talking stick learning model on the symbolic thinking ability of children aged 5-6 years at TK Bina Mulya, Pelepat Ilir District, Bungo Regency was found to be 4. This value falls into the category of a strong effect (strong effect) according to the Cohen's interpretation table, indicating a significant impact on the improvement of children's creativity at this age. Based on the research findings and discussion, it can be concluded that the use of the talking stick learning model has a positive effect on the symbolic thinking ability of children aged 5-6 years at TK Bina Mulya, Pelepat Ilir District, Bungo Regency.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Octavia |
Date Deposited: | 22 May 2025 08:15 |
Last Modified: | 22 May 2025 08:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |