Pakpahan, Veriana Erfina Agafe (2025) Pengaruh Kompetensi Dosen, Pelayanan Akademik dan Fasilitas Belajar terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak Skripsi.pdf Download (851kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI VERIANA.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI VERIANA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
A1D521021 - SKRIPSI VERIANA ERFINA AGAFE PAKPAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (629kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen, pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan yang terdiri dari Angkatan 2021 – 2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 186 responden berdasarkan perhitungan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan 5%. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan dan teknik analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi dosen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai P Values sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistic 5,259 > 1,96. (2) pelayanan akademik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai P Values sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistic 4,893 > 1,96. (3) fasilitas belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai P Values sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai T-statistic 6,841 > 1,96. (4) secara simultan kompetensi dosen, pelayanan akademik dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil analisis yang dihasilkan menunjukkan bahwa nilai R-Square untuk kepuasan mahasiswa sebesar 0.751, yang berarti 75,1% variabilitas kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh ketiga faktor tersebut. Temuan ini memberikan informasi pentingnya peningkatan keempat kompetensi dosen, peningkatakan kualitas pelayanan akademik dan kelengkapan fasilitas belajar yang memadai sebagai upaya dalam meningkatan kepuasan mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Dosen, Pelayanan Akademik, Fasilitas Belajar dan Kepuasan Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Pakpahan |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:33 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |