Aini, Nurul (2025) Penelitian Kualitatif Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Pembelajaran Lesson Study Melalui TBLA Pada Mata Kuliah Perubahan Iklim Menggunakan NVivo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peserta didik menunjukkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran mata kuliah Perubahan Iklim melalui pendekatan lesson study dan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan transkrip percakapan kelas, yang kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lesson study berbasis TBLA membantu peserta didik lebih aktif dan menunjukkan berbagai indikator berpikir kritis, seperti mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat, menghubungkan sebab-akibat, serta menyimpulkan hasil kegiatan. Wawancara juga memperkuat hasil dari observasi dan transkrip. Selain itu, penggunaan NVivo membantu peneliti dalam menemukan pola-pola berpikir kritis selama proses pembelajaran. Pendekatan lesson study berbasis TBLA dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif, terutama untuk mata kuliah yang membutuhkan pemahaman mendalam seperti Perubahan Iklim. Oleh karena itu, dosen disarankan menggunakan pendekatan ini agar suasana belajar menjadi lebih aktif dan mendorong mahasiswa berpikir secara reflektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, TBLA, Berpikir Kritis, NVivo, Perubahan Iklim |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | AINI |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 03:44 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |