Pratiwi, Amalia Galuh Dwi (2025) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMAN 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Amalia Galuh Dwi Pratiwi A1A121041 Pendidikan Ekonomi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan belum optimalnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 11 Muaro Jambi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya interaksi teman sebaya yang lebih banyak berfokus pada hal non-akademik. Selain itu, ditemui beberapa permasalahan kedisiplinan, seperti siswa yang sering terlambat masuk kelas, bermain game saat jam pelajaran, serta tidak mengumpulkan tugas tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi teman sebaya dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMAN 11 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode ex-post facto. Data yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan angket dan data sekunder dari nilai UAS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 11 Muaro Jambi, dengan sampel berjumlah 85 responden dan teknik pengambilan sampel menggunkan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar -12,334 dan nilai signifikan sebesar 0,000. (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 9,926 dan nilai signifikan sebesar 0,000. (3) terdapat pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya dan disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung sebesar 97,829 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai koefisien determinan R2 sebesar 0,705 yang artinya interaksi teman sebaya dan disiplin belajar berkontribusi 70,5% terhadap hasil belajar. Hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMAN 11 Muaro Jambi. Secara parsial, interaksi teman sebaya memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap hasil belajar, sementara disiplin belajar berpengaruh positif signifikan. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 70,5% terhadap hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa kualitas interaksi teman teman sebaya dan tingkat disiplin belajar merupakan faktor penentu dalam pencapaian akademik siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Teman Sebaya, Disiplin Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | PRATIWI |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 08:02 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 08:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |