SINKRONISASI MANAJEMEN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 152/X SUNGAI SAYANG

Dewi, Tiara Puspa (2025) SINKRONISASI MANAJEMEN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 152/X SUNGAI SAYANG. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (34kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (413kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Dewi, Tiara Puspa.2025. Sinkronisasi Manajemen Kelas dan Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas III SD Negeri 152/X Sungai Sayang: Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. Sukendro, M.Kes AIFO (II) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas III di SD Negeri 152/X Sungai Sayang melalui sinkronisasi antara manajemen kelas dan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Latar belakang penelitian menunjukkan rendahnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran dengan persentase 41,3 % atau sekitar 4 peserta didik yang aktif. Hal dipengaruhi oleh metode pengajaran yang monoton, kurangnya keterlibatan peserta didik, serta keterbatasan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus untuk melihat peningkatan partisipasi aktif peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus dimana setiap siklus 2 kali pertemuan. Setelah diberikan tindakan keaktifan peserta didik, meningkat secara signifikan dari rata-rata 51.27% pada awal Siklus I menjadi 80.36% pada akhir Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen kelas yang terstruktur serta penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, meningkatkan motivasi belajar, serta mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan penerapan pendekatan terpadu dalam pengelolaan kelas dan penggunaan media sebagai strategi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: manajemen kelas, media pembelajaran, Keaktifan Peserta didik, penelitian tindakan kelas.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Media Pembelajaran, Keaktifan Peserta didik, Penelitian Tindakan kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Tiara Puspa Dewi
Date Deposited: 07 Jul 2025 07:34
Last Modified: 07 Jul 2025 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/81404

Actions (login required)

View Item View Item