PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EXPLOSION BOX TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT PELITA DOKTORA KEC. ALAM BARAJO KOTA JAMBI

Sari, Lia (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EXPLOSION BOX TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT PELITA DOKTORA KEC. ALAM BARAJO KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, L. U. 2025. Pengaruh Penggunaan Media Explosion Box Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di TKIT Pelita Doktora Bagan Pete Kec. Alam Barajo Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I. (2) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata Kunci: Media Explosion Box, Kemampuan Keaksaraan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun di TKIT Pelita Doktora belum berkembang secara optimal. Berdasarkan pengamatan awal terhadap 16 anak, diketahui bahwa sebanyak 10 anak (58,8%) belum mampu mengenali dan membedakan beberapa huruf abjad, seperti huruf b dan d kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media explosion box terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain Pre-Eksperimental Design dalam bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan paired samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 19,538 > t tabel 2,145 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media explosion box terhadap kemampuan keaksaraan anak usia 5–6 tahun di TKIT Pelita Doktora. Media ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini. ABSTRACT Sari, L. U. 2025. The Effect of Explosion Box Media on the Literacy Skills of 5-6 Year Old Children at Pelita Doktora Kindergarten, Bagan Pete, Alam Barajo District, Jambi City: Thesis, Early Childhood Teacher Education Study Program, Department of Early Childhood and Elementary Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi, Supervisors: (1) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I. (2) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Keywords: Explosion Box Media, Literacy Skills This research was motivated by field observations indicating that the literacy skills of 5-6 year old children at Pelita Doktora Kindergarten have not yet developed optimally. Based on initial observations of 16 children, it was found that 10 children (58.8%) were unable to recognize and differentiate several letters of the alphabet, such as the lowercase letters b and d. The purpose of this study was to determine the effect of using explosion box media on the literacy skills of children aged 5–6 years. This quantitative research used experimental methods, using a pre-experimental design in the form of a One Group Pretest-Posttest Design. The sampling technique used was purposive sampling. Data analysis was conducted through normality tests, homogeneity tests, and hypothesis testing using paired samples tests. The results showed a calculated t-value of 19.538 > t-table 2.145 at a significance level of α = 0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant effect of using explosion box media on the literacy skills of children aged 5–6 years at TKIT Pelita Doktora. This media is effectively used in the learning process to improve early childhood literacy skills.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Explosion Box Media, Literacy Skills
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SARI
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:09
Last Modified: 10 Jul 2025 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/82871

Actions (login required)

View Item View Item