Pengaruh Penerapan Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kasih Ibu

Mukti, Suci Trisna (2025) Pengaruh Penerapan Metode Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kasih Ibu. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
ABSTRAK FIKS.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Cover 1&2.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Skripsi full fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
halaman pengesahan dan persetujuan fiks hijau.pdf

Download (569kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dilapangan yang menunjukkan bahwa anak-anak usia 5-6 tahun masih menghadapi kesulitan dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan. Terlihat bahwa beberapa anak belum mampu mengenali huruf dengan baik, terkhusus dalam mengenal huruf konsonan dan mengalami kesulitan dalam menggabungkan bunyi huruf menjadi kata. Guru telah berupaya dengan melakukan kegiatan pembelajaran berupa mengeja di papan tulis dengan metode ceramah, dan menggunakan media buku paket belajar membaca, yang diharapkan dapat membantu anak dalam mengenal dan menguasai kata-kata dasar secara bertahap. Untuk itu diperlukannya metode pembelajaran yang lebih efektif serta media pembelajaran yang mendukung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk membantu anak mencapai perkembangan membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh metode fonik terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ibu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh anak di TK Kasih Ibu, dengan teknik pengambilan sampel Nonprobability Sampling dengan metode Purposive Sampling dengan jumlah 26 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil Penelitian menujukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar │3,024 │ t hitung > t tabel tabel 2,064, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti penggunaan metode fonik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Interpretasi kekuatan pengaruh berada pada kategori kuat (strong effect) dengan nilai 1,20. Dengan demikian, metode fonik dapat diterapkan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, metode fonik, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SUCI TRISNA MUKTI
Date Deposited: 16 Jul 2025 04:21
Last Modified: 02 Aug 2025 06:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/84535

Actions (login required)

View Item View Item