Nadhiya, Bayva (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK MAJALAH DIGITAL INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Kognitif : Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Skripsi Bayva Nadhiya A1C221084.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) |
Abstract
Nadhiya, Bayva. 2025. Pengembangan E-Modul Berbentuk Majalah Digital Interaktif Dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E.-Modul, Majalah Digital Interaktif, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemecahan Masalah Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul dan menghasilkan kualitas produk yang berupa e-modul berbentuk majalah digital interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan model ADDIE yang mencakup tahapan Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari tim ahli yang melibatkan dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VIII SMPN 7 Kota Jambi pada tahap uji coba perorangan, sembilan siswa kelas VIII K dalam uji coba kelompok kecil, serta 28 siswa kelas VIII K yang terlibat dalam uji coba kelompok besar atau uji coba lapangan. Hasil penelitian ini yang menghasilkan sebuah e-modul yang sesuai dengan kriteria kualitas meliputi valid, praktis, dan efektif. Kriteria kevalidan dari e-modul dilihat dari angket validasi ahli materi dan ahli desain. Kriteria valid dengan persentase kevalidan materi e-modul 96,25% “sangat valid” dan kevalidan desain e-modul 91,11% “sangat valid”. Kriteria praktis dengan persentase kepraktisan e-modul oleh guru matematika (uji coba perorangan) 92,59% “sangat praktis” dan kepraktisan e-modul oleh siswa (uji coba kelompok kecil) 85,27% “sangat praktis”. Kriteria efektif dengan persentase keefektifan e-modul oleh siswa (uji coba kelompok besar) 80,35% “sangat efektif” dan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 22 siswa mengalami peningkatan kemampuan berkategori sangat tinggi dan 6 siswa mengalami peningkatan kemampuan berkategori tinggi, yang memiliki nilai N-Gain sebesar 85% dalam kategori efektif. Maka e-modul berbentuk majalah digital interaktif dalam menunjang pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E.-Modul, Majalah Digital Interaktif, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | BAYVA NADHIYA |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:58 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/85710 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |