Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Topik Teks Narasi Kelas 4 Sekolah Dasar

Situmorang, Mulyani Br and Kuntarto, Eko and putri, andi gusmauliaekaputri (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Topik Teks Narasi Kelas 4 Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Pengesahan Mulyani Br Situmorang.pdf

Download (240kB)
[img] Text
SKRIPSI_MULYANI BR SITUMORANG_ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Skripsi_Mulyani Br Situmorang_Daftar Tabel.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Skripsi_Mulyani Br Situmorang_Bab 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_BAB 2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_Bab 3.pdf

Download (580kB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_BAB 5.pdf

Download (17kB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
SKRIPSI MULYANI SITUMORANG_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Situmorang, Mulyani Br. 2025. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Topik Teks Narasi Kelas 4 Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Eko Kuntarto, M. Pd., M. Comp. Eng Pembimbing II Andi Gusmaulia Eka Putri, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Teks Narasi Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pengembangan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia topik Teks Narasi kelas 4 sekolah dasar, (2) mengetahui tingkat validitas dari E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia topik Teks Narasi kelas 4 sekolah dasar, (3) mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan dari E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia topik Teks Narasi kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan mengembangkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia topik Teks Narasi kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilaksanakan di SD N 56/1 Desa Aro pada bulan Juni 2025. Data diperoleh melalui instrumen validasi materi, validasi media, validasi bahasa, validasi kepraktisan, serta wawancara dengan guru dan peserta didik. Selanjutnya, data dianalisis untuk mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan produk E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia topik Teks Narasi kelas 4 Sekolah Dasar yang dikembangkan menggunakan model ADDIE. Produk ini dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi ahli, dengan perolehan skor rata-rata 4,8 (persentase 97 %) dari ahli materi, 4,5 (persentase 90%) dari ahli media, dan 4,6 (persentase 93%) dari ahli bahasa. Selain itu, penilaian oleh ahli praktisi (guru) juga memperoleh skor rata-rata 4,6 (persentase 93%) dengan kategori sangat valid. Dari sisi kepraktisan, yang ditinjau melalui respons peserta didik dalam wawancara dan observasi selama implementasi, E-LKPD ini juga dinyatakan sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia pada topik teks narasi kelas 4 Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid, praktis, dan layak digunakan sebagai bahan ajar sekaligus media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Teks Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MULYANI BR SITUMORANG
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:43
Last Modified: 20 Oct 2025 02:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/87131

Actions (login required)

View Item View Item