PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

ANJANI, DEVI PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. JURNAL PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DAN JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (99kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Anjani, Devi. 2019. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dan Jigsaw Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. (I) Dr.Dra.Hj.Farida Kohar,M.P., (II) Ahmad Nasori,S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Time Token, Jigsaw, Keterampilan Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa, seperti rendahnya kemampuan berinteraksi, kemampuan berkomunikasi, kemampuan membangun tim/kelompok dan kemampuan menyelesaikan masalah. Dalam proses pembelajaranpun siswa menjadi kurang aktif, atau hanya sebagian siswa yang aktif di kelas, sealain itu kemampuan belajar siswa masih pada tingkat hapalan sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rata-rata di bawah standar, serta mengkaji tentang keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model time token dan jigsaw pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen (quasi eksperimental) dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 dan X IPS 5 yang ditentukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mengetahui keterampilan sosial siswa dan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis mengunakan rumus t-test separated varian. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keterampilan sosial siswa pada kelas eksperimen 1 (2,40) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 (2,26) dan pada uji-t diperoleh nilai bahwa thitung =3,37 dan ttabel = 1,66. Karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran time token lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran jigsaw. Kesimpulan, berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis keterampilan sosial siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Devi Anjani
Date Deposited: 05 Aug 2019 03:48
Last Modified: 05 Aug 2019 03:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item