PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPS ISLAM AL ARIEF MUARO JAMBI

AMINAH, SITI (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPS ISLAM AL ARIEF MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPS ISLAM AL ARIEF MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (55kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1..docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Aminah, Siti: 2019. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional Guru PPKn terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPS ISLAM AL ARIEF MUARO JAMBI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pembimbing I Drs. M. Salam, M. Si. Pembimbing II Heri Usmanto,S.Pd, M. Pd. Kata-kata Kunci: Persepsi siswa tentang Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar Persepsi siswa tentang Kompetensi guru adalah Cara pandang siswa mengenai seperangkat penguasaan kemampuan yang harus ada dalam diri guru agar dapat mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif. Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara kaffah membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi dan profesionalisme. Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru secara langsung mempengaruhi motivasi belajar siswa. Jika guru menyampaikan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan siswa maka akan membuat proses pembelajaran berjalan dengan lancar dan efisien sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar. Motivasi belajar siswa dalam kategori sedang terlihat dari data penyebaran angket pra penelitian yang menyatakan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada di bawah 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PPKn terhadap motivasi belajar siswa SMPS Islam Al Arief Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Deskripsi Kuantitatif, dilaksanakan di SMPS Islam Al Arief Muaro Jambi dengan sampel berjumlah 75 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket, kemudian diolah dengan dengan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji hipotesis yaitu uji t, uji determinasi dengan bantuan program Microsoft Excel 2007 dan SPSS versi 22.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi professional guru PPKn tinggi dengan presentase 58,7% dan motivasi belajar dengan kategori tinggi dengan presentase 57,3%. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi professional guru PPKn dan motivasi belajar. Besaran pengaruh dalam uji hipotesis sebesar 0,350 dengan nilai signifikan 0,002 < α = 0,05. Dalam koefisien determinasi terdapat pengaruh R2 sebesar 0,123 atau pengaruh sebesar 12,3% (R2x100%). Berdasarkan penelitian ini disarankan agar meningkatkan persepsi siswa terhadap kompetensi professional guru agar motivasi belajar siswa juga meningkat.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI AMINAH
Date Deposited: 26 Sep 2019 00:59
Last Modified: 26 Sep 2019 00:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9300

Actions (login required)

View Item View Item