MENINGKATKAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN HURUF DI TK NEGERI SUNGAI BENGKAL, JAMBI

YANI, ANDRI (2019) MENINGKATKAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN HURUF DI TK NEGERI SUNGAI BENGKAL, JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEAKSARAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN HURUF DI TK NEGERI SUNGAI BENGKAL, JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (272kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Yani, Andri. 2019. Meningkatkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Huruf di TK Negeri Sungai Bengkal, Jambi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Kasmiati, M.Pd. kons (2) Dra. Irma Suryani, M.Pd Kata kunci : Bermain Huruf, Keaksaraan anak usia 5-6 tahun Penelitian ini berlatar belakang bahwa keaksaraan anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Sungai Bengkal bermasalah. di mana kurangnya pengetahuan anak terhadap simbol huruf. Permasalahan yang terjadi diakibatkan karena tidak adanya kegiatan permainan yang dapat memicu meningkatnya keaksaraan anak dalam perkembangan bahasa. Kurangnya media pembelajaran yang diperlihatkan kepada peserta didik sehingga anak merasa jenuh dan bosan dengan pembelajaran yang sangat monoton dan tidak bervariasi. hal ini ketahui berdasarkan observasi dan tes awal. Untuk itu diperlukan Penelitian Tindakan Kelas. Bermain huruf merupakan permainan yang menggunakan berbagai macam alat permainan yang dapat menarik perhatian anak murid dalam proses mengajar yang menyenangkan, di mana anak-anak akan belajar mengenal simbol huruf abjad melalui permainan yang dapat di baca oleh anak yang dilakukan oleh peneliti. Jenis permainan yang digunakan ada 8 delapan jenis permainan. Menurut Wiriaatmadja (dalam Taniredja, 2013: 16). Penelitian tindakan kelas adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktik pembelajaran mereka, dan belajar dari perngalaman mereka sendiri. Mereka dapat mencoba suatu gagasan perbaikan dalam praktik pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari pengaruh tersebut. yang dilakukan di TK Negeri Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Teknik pengumpuan data dengan menggunakan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaksaraan anak sebelum diberikan tindakan dari kegiatan bermain huruf dan untuk mengetahui apakah bermain huruf dapat meningkatkan keaksaraan anak usia 5-6 tahu di TK Negeri Sungai Bengkal. Analisis data dilakukan untuk menguji hipotesis dari penelitian ini. Analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sebelum adanya tindakan keaksaraan anak usia 5-6 tahun masih belum berkembang dengan presentase 28,38% anak. Setelah dilakukan penelitian siklus I meningkat menjadi 55,53%, yaitu mengalami peningkatan sebesar 27,21%, dan dilakukan penelitian kembali pada siklus II presentase ketuntasan anak menjadi 96,27%. Mengalami peningkatan. Disimpulkan bahwa keaksaraan anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui bermain huruf di kelompok B TK Negeri Sungai Bengkal. Tindakan yang digunakan sesuai denga usia anak, kegiatan bermain huruf yang sederhana, menarik, unik dan menyenangkan ini sangat menarik minat anak untuk mengikuti alur permainan yang menyenangkan. Seperti berebutan saat ingin menjawab dan menukan huruf yang tersebbar di sekeliling kelas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANDRI YANI
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:44
Last Modified: 08 Oct 2019 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9435

Actions (login required)

View Item View Item