HARIYANI, HARIYANI (2019) PENGARUH METODE HIWAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH METODE HIWAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (191kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB 5.docx Download (30kB) |
Abstract
ABSTRAK Hariyani. 2019. “Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Metode Hiwar, Hasil Belajar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi IPS SMP Negeri 8 Muaro Jambi, terungkap bahwa selama proses belajar mengajar ekonomi aktivitas siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya aktivitas yang dimaksud adalah keaktifan siswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya, mengemukakan pendapat, dan kurangnya keberanian dan keterampilan siswa dalam mengungkapkan pengetahuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode hiwar terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini pengambilan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak sepenuhnya dilakukan secara random penuh, karena menggunakan tehnik sampling, tehnik ini maksudnya hanya untuk pemilihan mana yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel berdasarkan pertimbangan peneliti dan guru kelas VIII SMP Negeri 8 Muaro Jambi, artinya dengan mengambil dua kelas yang memiliki nilai rata-rata kemampuan belajar IPS hampir sama yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai hasil ujian harian mata pelajaran IPS semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat perbandingan harga kelas eksperimen Lhitung < Ltabel Pada taraf 0.05 yang berarti kelas eksperimen berdistribusi normal, sedangkan kelas control L hit > L tab pada taraf 0,05 yang berarti kelas eksperimen berdistribusi tidak normal. analisis uji homogenitas variansi dengan uji F diatas terlihat Fhitung = 1,51 dan Ftabel = 3,32 . Karena Fhitung ˂ Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki variansi yang homogen pada α = 0,5. Uji hipotesis Uji t didapat thitung = 30.8397dan ttabel = 1,6909 dengan dk = 34. Kriteria pengujian terima . Kriteria pengujian terima H0 jika thitung ˂ t(0,95), untuk harga-harga lain H0 ditolak. Karena thitung sebesar 30.8397 lebih besar dari 1,6909 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode hiwar terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 8 Muaro Jambi Saran untuk penelitian ini yaitu, penggunaan metode belajar mestinya disesuaikan dengan kondisi siswa di lapangan, perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang penggunaan metode hiwar untuk subjek yang lebih banyak dan variatif
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | HARIYANI |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 07:24 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 07:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |