CIDRAWATI, JUNI (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (46kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
Abstract
ABSTRAK Juni Cidrawati. 2019. “Hubungan Antara Konsep Diri dengan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Emosda, Emosda, M.Pd. Kons, Pembimbing II Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd. Kata Kunci: Konsep Diri,Disiplin Belajar Siswa Fenomena di lapangan yang diperoleh berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh guru pembimbing di SMP Negeri 1 Kota Jambi, masalah yang timbul pada siswa secara umum yakni kedisiplinan yang belum tertanam pada siswa, terutama siswa kelas VII dikarenakan konsep diri yang belum terbentuk secara utuh. Salah satu indikatornya, pertama siswa sering terlambat masuk ke kelas ketika jam pelajaran sudah dimulai, kedua siswa banyak yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran, ketiga tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kebersihan kelas dan lingkungan sekolah. Ketiga indikator ini merupakan kejadian yang sering sekali terjadi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. sampel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi yang menjadi populasi penelitian bersifat homogen dilihat dari sudut usia perkembangannya dan memperoleh pengalaman belajar dari kelompok guru yang sama. Oleh karena itu, sampel ditarik dengan menggunakan kriteria sampel homogen. Jadi ukuran sampel refresentif untuk penelitian ini sebesar 30% atau sama dengan 70 orang siswa Dari hasil perhitungan uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data angket konsep diri Lo (0.0880) < Ltabel (0,1009), sedangkan data disiplin belajar didapat Lo (0,0783) < Ltabel (0,1009). Berdasarkan hasil pengolahan korelasi, maka nilai r = 0.62021 memiliki arti bahwa hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi termasuk dalam kategori Sedang. Dengan adanya tanda 0.62021 bermakna bahwa semakin baik konsep diri maka semakin baik pula disiplin belajar. Sebaliknya semakin buruk konsep diri maka semakin buruk pula disiplin belajar siswa. Dengan menggunakan rumus (n-2) 77-2 = 75 pada α = 0,05, maka dengan dk 75, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6654 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 6.847189 > t_tabel 1,6654 maka terdapat hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi, dengan hasil uji hipotesis yang signifikan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | JUNI CIDRAWATI |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:49 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9476 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |