PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE TIKTOKSHOP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2021-2024)

Octaviana, Erin Dita Dea (2025) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN DIGITAL PAYMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE TIKTOKSHOP (STUDI KASUS PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI ANGKATAN 2021-2024). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (134kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (621kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (621kB)
[img] Text
bab2.pdf

Download (335kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (330kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (129kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (129kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 6.pdf

Download (116kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (5MB)
[img] Text
CamScanner 10-07-25 12.18.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan digital payment terhadap perilaku konsumtif belanja online TiktokShop pada mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi angkatan 2021-2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan te.knik probalitity sampling yaitu te.knik Proportionate. Stratifie.d random sampling. Data yang digunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner digital yaitu google form dengan skala likert 4 poin. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square) dan diolah menggunakan Software SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif dan penggunaan digital payment berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif Kata Kunci : Literasi Keuangan, Digital Payment, Perilaku Konsumtif This study aims to examine the effect of financial literacy and digital payment on the consumer behavior of TiktokShop online shopping in students of the Management Study Program, Faculty of Economics and Business, University of Jambi, class of 2021-2024. This study uses a quantitative approach by determining the number of samples in this study as many as 100 respondents with the sampling technique used probability sampling technique, namely the Proportionate Stratified random sampling technique. The data used are primary data obtained through a digital questionnaire, namely a Google form with a 4-point Likert scale. The data analysis method used in this study is PLS (Partial Least Square) and is processed using SmartPLS 3 Software. The results of this study indicate that financial literacy has a negative and significant effect on consumer behavior and the use of digital payment has a positive and significant effect on consumer behavior Keywords: Financial Literacy, Digital Payment, Consumptive Behavior

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: ERIN DITA DEA OCTAVIANA
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:31
Last Modified: 10 Jul 2025 07:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83269

Actions (login required)

View Item View Item