Pengaruh Penggunaan Media Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi

Rahman, Andi Nikmatul Khairiyah Harza Rahman and Budiyono, Herman and Wibowo, Imam Suwardi (2022) Pengaruh Penggunaan Media Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Pengaruh Penggunaan Media Digital Storytelling terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Imajinasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media digital storytelling terhadap kemampuan menulis teks cerita imajinasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di kelas VII H sebagai kelas Eksperimen dan Kelas VII G sebagai kelas Kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Data penelitian ini didapat dari hasil tes yang diberikan. Setelah data diperoleh dilakukan analisis kuantitatif dengan bantuan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan hasil menulis siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Pada hasil pretest diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 63,885, sedangkan hasil posttest didapatkan nilai rata-ratanya sebesar 86,615. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan media digital storytelling terhadap kemampuan menulis teks cerita imajinasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Kota Jambi. Dari hasil tersebut, disarankan agar pembelajaran menulis teks cerita imajinasi perlu menggunakan media digital storytelling. Dan diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penggunaan media digital storytelling dalam materi pembelajaran yang lain guna mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: digital storytelling, kemampuan menulis, teks cerita imajinasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RAHMAN
Date Deposited: 18 May 2022 03:14
Last Modified: 18 May 2022 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33598

Actions (login required)

View Item View Item