UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF

Wahyuni, Sri and Hariandi, Ahmad and Alirmansyah, Alirmansyah (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Sri Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover Skripsi Sri Wahyuni.pdf

Download (70kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (534kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sri Wahyuni. 2023. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Muatan Ipa Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I), (II). Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada muatan IPA ekosistem kelas V Sekolah Dasar menggunakan video interaktif di SD N 10/IV Jambi dan untuk mengetahui proses penerapan video interaktif pada muatan IPA ekosistem kelas V Sekolah Dasar di SD N 10/IV Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD N 10/IV Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dengan siswa dan wali kelas V di SD N 10/IV Jambi dan dokumentasi sekolah. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil peneliti dan analisis data dapat disimpulkan bahwa video interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan IPA ekosistem kelas V SD N 10/IV Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian tes siswa pada siklus I rata-rata belajar siswa sebesar 60,28% pada pertemuan pertama dengan ketuntasan siswa 2 orang atau 11,11% dan pada siklus I pertemuan kedua rata-rata belajar siswa sebesar 66,56% dengan ketuntasan siswa 5 orang atau 27,78%. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 72,94% pada pertemuan pertama dengan kentuntasan siswa sebanyak 14 siswa atau 77,78% dan pada siklus II pertemuan kedua rata-rata belajar siswa sebesar 83,94% dengan ketuntasan siswa 18 orang atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dalam pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 72,22% dengan tinggi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: wahyuni
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:28
Last Modified: 09 Feb 2023 06:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44885

Actions (login required)

View Item View Item