Wahyuni, Sri and Hariandi, Ahmad and Alirmansyah, Alirmansyah (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPA EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN VIDEO INTERAKTIF. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Sri Wahyuni.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover Skripsi Sri Wahyuni.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
PRAKATA.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Daftar isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sri Wahyuni. 2023. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Muatan Ipa Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Video Interaktif: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I), (II). Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada muatan IPA ekosistem kelas V Sekolah Dasar menggunakan video interaktif di SD N 10/IV Jambi dan untuk mengetahui proses penerapan video interaktif pada muatan IPA ekosistem kelas V Sekolah Dasar di SD N 10/IV Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD N 10/IV Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dengan siswa dan wali kelas V di SD N 10/IV Jambi dan dokumentasi sekolah. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil peneliti dan analisis data dapat disimpulkan bahwa video interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada muatan IPA ekosistem kelas V SD N 10/IV Jambi. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian tes siswa pada siklus I rata-rata belajar siswa sebesar 60,28% pada pertemuan pertama dengan ketuntasan siswa 2 orang atau 11,11% dan pada siklus I pertemuan kedua rata-rata belajar siswa sebesar 66,56% dengan ketuntasan siswa 5 orang atau 27,78%. Pada siklus II rata-rata pemahaman konsep siswa mencapai 72,94% pada pertemuan pertama dengan kentuntasan siswa sebanyak 14 siswa atau 77,78% dan pada siklus II pertemuan kedua rata-rata belajar siswa sebesar 83,94% dengan ketuntasan siswa 18 orang atau 100%. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat dalam pembelajaran pada setiap siklusnya. Peningkatan pemahaman konsep siswa dari siklus I hingga siklus II sebesar 72,22% dengan tinggi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Video Interaktif |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | wahyuni |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 06:28 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 06:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/44885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |