PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI PRAKARYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Surtini, Surtini and Ilham, Ilham and Muhammad Ali, Muhammad (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI PRAKARYA UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S2 thesis, universitas jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (53kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (430kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (38kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (158kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
penggesahan surtini.pdf

Download (289kB)
[img] Text
TESIS SURTINI- SIDANG OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik merasa sangat antusias akan teknologi karena hadirnya sinyal ditengah-tengah pemukiman dan lingkungan sekolah dan masyarakat di Pengabuan, hal ini dapat dilihat dari keterlibatan internet dalam pembelajaran prakarya yang seharusnya dapat di manfaatkan dengan baik oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar, menilai e-book Interaktif prakarya sebagai sumber belajar dan meningkatkan motivasi belajar serta kreativitas siswa siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Lee and Owens (2004) dengan tahapan Analysis, Need Analysis, Front-End Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian adalah Siswa SMP Kelas VII di SMP N Satu Atap 3 Pengabuan. Untuk menilai produk secara teoritis dan konsep maka akan diterapkan validasi ahli media dan ahli materi. Serta didukung oleh penilaian oleh guru bidang studi lainnya. Dan untuk melihat kelayakan secara praktik digunakan angket uji coba siswa. Uji coba dilakukan melalui 3 tahap yaitu, tahap uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan e-book interaktif sebagai sumber belajar pada materi prakarya untuk siswa SMP yang dinyatakan layak secara prosedural dan teoritis dengan hasil penilaian ahli media sebesar 90%, penilaian ahli materi 85%, dan penilaian guru 80%. Kemudian media ini juga dinyatakan layak secara praktik dengan melihat hasil uji coba lapangan sebesar 90%. Dapat disimpulkan bahwa e-book interaktif prakarya layak digunakan sebagai media pembelajaran dan bermanfaat dalam proses pembelajaran

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Surtini
Date Deposited: 13 May 2024 01:54
Last Modified: 13 Jun 2024 11:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63300

Actions (login required)

View Item View Item