Saniyyah, Ulfah (2024) Implementasi Strategi pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Bantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSII ULFAH SANIYYAH LENGKAP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
![]() |
Text
Daftar Isi Gambar, Tabel, Lampiran.pdf - Published Version Download (102kB) |
![]() |
Text
Abstrak-1.pdf - Published Version Download (97kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar-1.pdf - Published Version Download (7kB) |
![]() |
Text
Bab I-1.pdf - Published Version Download (158kB) |
![]() |
Text
Bab IV-1.pdf - Published Version Download (156kB) |
![]() |
Text
Bab V-1.pdf - Published Version Download (27kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka-1.pdf - Published Version Download (33kB) |
![]() |
Text
Lampiran-1.pdf - Published Version Download (932kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang didukung oleh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap pencapaian belajar siswa kelas X di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X, dan pemilihan sampel dilakukan secara acak sederhana menggunakan software SPSS. Instrumen penelitian mencakup soal pretest dan posttest dalam bentuk pilihan ganda yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa pada materi pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan LKPD. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 pada uji paired sample t-test, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik sesuai dengan minat, kesiapan, dan gaya belajar mereka. Implikasi penelitian ini adalah bahwa guru dapat menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memanfaatkan LKPD sebagai bagian dari praktik mengajar untuk meningkatkan hasil peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik, Paired Sample t-test |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SANIYYAH |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:32 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |