Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP

Sitepu, Angelina Margareta Br and Huda, Nizlel and Syafmen, Wardi (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan pendekatan Open Ended dan Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi pada Januari 2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi pada tahun ajaran 2024/2025, sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan lembar observasi. Sehingga diperoleh data hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Berdasarkan uji ANOVA One Way maka terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan dari hasil uji lanjut diperoleh model CTL dan PBL memiliki perbedaan yang signifikan pada rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan direct instruction. Sehingga siswa yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model CTL dan PBL dengan pendekatan open ended memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan dengan menerapkan pembelajaran langsung (Direct Instruction).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching Learning, Problem Based Learning, Open Ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SITEPU
Date Deposited: 21 May 2025 06:52
Last Modified: 21 May 2025 06:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78546

Actions (login required)

View Item View Item