Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab di MTs Al Munawarah Kota Jambi

Fadhilla, Anggreini (2025) Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab di MTs Al Munawarah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI FADHILLA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI FADHILLA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI FADHILLA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI DILA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI FADHILLA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI FADHILLA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI FADHILLA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: Https:/repository.unja.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media wordwall dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan membaca siswa kelas VII di MTs Al Munawaroh Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah adanya temuan awal yang menunjukkan kemampuan membaca siswa yang belum optimal, kesulitan dalam mengenali kosakata dan memahami struktur kalimat, serta metode pengajaran yang cenderung monoton dan kurang interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain One Group Pretest Postest Design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Kelas VII MTs Al Munawaroh. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan membaca siswa sebelum dan sesudah penerapan media wordwall dalam proses pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah penggunaan media wordwall, dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,57 meningkat menjadi 69,77 pada posttest. Uji paired T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P< 0,05), yang mengindikasikan bahwa media wordwall berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab yang lebih efektif dan interaktif di tingkat Madrasah Tsanawiyah, serta memberikan wawasan mengenai pemanfaatan media wordwall untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bahasa arab, kemampuan membaca, media wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGREINI
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:06
Last Modified: 04 Jun 2025 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78857

Actions (login required)

View Item View Item