sartika, leni and Muazza, Muazza and Syuhada, Siti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN TIPE KINESTETIK DAN VISUAL PELAJARAN EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
TESIS LENI SARTIKA BAB 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Sartika, Leni, 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal dengan tipe Kinestetik dan Visual Pelajaran Ekonomi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tesis Program Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Muazza, M.Si. Pembimbing (II) Dr. Siti Syahada, S.Pd., M.E. Kata Kunci: Model project based learning, kearifan lokal, tipe kinestetik, tipe visual dan kemampuan berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa khususnya dalam materi kewirausahaan, siswa tidak aktif dalam pembelajaran di kelas dan siswa tidak bisa menghubungkan suatu konsep pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis kearifan lokal dengan tipe belajar kinestetik dan tipe belajar visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Project Based Learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan tipe belajar kinestetik dan visual. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan pengambilan data berupa random Sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan uji Manova. Analisis terhadap rata-rata hasil posttest yang dilakukan menghasilkan nilai signifikansi 0,000. Karena nilai signifikansi < 0,05, maka H0 ditolak. Untuk melihat pengaruh tipe kinestetik dan visualnya pada ranah afektif dan psikomotor dilakukan pengamatan selama penelitian sehingga pengaruh tipe kinestetik dikategorikan baik sedangkan visual kategori cukup baik. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model project based learning, kearifan lokal, tipe kinestetik, tipe visual dan kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | LENI SARTIKA |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |