Arniati, Dias Lutfiana (2025) Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Pengalaman Pelanggan Pada Usaha Nana Mebel di Kecamatan Pamenang. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi asli-1.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-5-6.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-7-8.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-9-14.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-9-14.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-15-26.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-27-46.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-47-57.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-58-63.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-58-63.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-64-89.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-90-91.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-92-98.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
skripsi asli-99-120.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DOC-20250710-WA0016..pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh diferensiasi produk untuk meningkatkan keunggulan bersaing melalui pengalaman pelanggan pada usaha nana mebel di Kecamatan Pamenang. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan populasi sebanyak 300 pelanggan dan sampel sebanyak 75 responden, yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner berbasis skala Likert, dan analisis dilakukan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diferensiasi perpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, (2) diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengalaman pelanggan, (3) pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, dan (4) pengalaman pelanggan mampu memediasi pengaruh diferensiasi produk terhadap keunggulan bersaing. Berdasarkan temuan tersebut,disarankan agar usaha Nana Mebel meningkatkan keunikan produk melalui desain dan layanan kustom, menjaga kualitas produk secara konsisten, serta membangun pengalaman pelanggan yang berkesan dengan pelayanan yang responsif dan personalisasi interaksi. Strategi diferensiasi yang dikelola dengan baik dapat menjadi kunci untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan memperkuat posisi bersaing di pasar lokal. Kata Kunci: Diferensiasi Produk, Keunggulan Bersaing, Pengalaman Pelanggan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diferensiasi Produk, Keunggulan Bersaing, Pengalaman Pelanggan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Arniati |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/83380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |