JULIAS TUTI BR REGAR, DINI (2019) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSI MELALUI PERMAINAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA DESA DUSUN MUDO KECAMATAN MUARA PAPALIK KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. JURNAL MENINGKATKAN PERKEMBANGAN EMOSI MELALUI PERMAINAN BONEKA JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA DESA DUSUN MUDO KECAMATAN MUARA PAPALIK KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT.
![]() |
Text
COVER.docx Download (310kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (30kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (46kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK Dini Julias Tuti BR Regar.2019. “Meningkatkan Perkembangan Emosi Melalui Permainan Boneka Jari Pada Anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo”. Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan. M.Psi. Dan Pembimbing (II) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Perkembangan Emosi Anak, Permainan Boneka Jari Penelitian ini berlatar belakang pada perkembangan emosi pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo belum berkembang dengan optimal. Salah satu penyebabnya adalah masih banyak anak yang memiliki rasa ketergantungan yang berlebihan kepada orangtua, sehingga anak kerap menangis histeris ketika ditinggalkan orangtua dan ada juga beberapa anak yang terlihat masih merasa takut dan sangat malu ketika diminta untuk maju kedepan kelas. Penggunaan media permainan didasari oleh banyak praktisi pendidik sangat membantu dalam proses pembelajaran baik didalam maupun diluar kelas, terutama dalam meningkatkan perkembangan emosi anak. Dengan pembelajaran menggunakan permainan anak akan mudah mengenal dan memahami maksud dan tujuan yang disampaikan oleh pendidik. Permainan boneka jari membantu anak untuk bernalar, berimajinasi, mengeluarkan pendapat, berekspresi dan menyampaikan perasaannya kepada oranglain. Berkaitan dengan hal tersebut, penggunaan permainan boneka jari dalam kegiatan pembelajaran dapat digunakan untuk mengekspresikan diri atau orang lain dalam bercerita atau mendongeng melalui gerakan dan percakapan boneka jari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan emosi pada anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo sebelum dan sesudah dilakukan tindakan metode permainan boneka jari dan juga Mengetahui dengan dilakukan tindakan metode permainan boneka jari perkembangan emosi pada anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo dapat meningkat. Metode penelitian ini adalah metode Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 pertemuan. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pratindakan persentase perkembangan emosi pada anak Kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo adalah 28,5%. Selanjutnya pada siklus I perkembangan emosi anak meningkat menjadi 43,50% dan pada pelaksanaan siklus II peneliti menambahkan pemberian reward kepada anak sehingga perkembangan emosi anak menjadi lebih meningkat dari sebelumnya yaitu meningkat menjadi 82,20%. Persentase ini menunjukkan perkembangan emosi anak berkembang sangat baik atau sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang telah ditentukan. Itu terlihat dari anak yang sebelumnya sering menangis histeris ketika ditinggal oleh orangtuanya menjadi tidak menangis lagi, anak yang mulanya pemalu menjadi tidak pemalu lagi dan anak yang sering merasa takut untuk maju ke depan kelas menjadi berani untuk maju ke depan kelas. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan dilakukan tindakan metode permainan boneka jari perkembangan emosi pada anak kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Dusun Mudo dapat meningkat.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DINI JULIAS TUTI BR |
Date Deposited: | 09 Oct 2019 06:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9460 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |