PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS X IPS 5 SMA N 8 KOTA JAMBI

KURNIADI, MIFTAH (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS X IPS 5 SMA N 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS X IPS 5 SMA N 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (56kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (297kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Kurniadi, 2018. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Diskusi Terhadap Kematangan Emosi Siswa Kelas X IPS 5 SMA N 8 Kota Jambi”. Kematangan emosi merupakan suatu keadaan emosional dimana tingkat kedewasaan individu yang terkendali, dan mampu mengungkapkan emosi secara matang yang mana dapat menilai situasi secara kritis sebelum bereaksi secara emosional. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi terhadap kematangan emosi siswa kelas X IPS 5 SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Dalam penelitian ini, layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi (X) merupakan faktor yang akan mempengaruhi kematangan emosi sebagai (Y) sehingga kematangan emosi dapat meningkat. Temuan penelitian ini: (1) nilai pre-test kelas kontrol ditemukan sebesar 43,42% sedangkan nilai pre-test kelas eksperimen, secara rata-rata keseluruhan terdapat sekitar 37,46% (2) nilai post-test pada kelas kontrol ditemukan sekitar 53,81% sedangkan nilai post-test kelas eksperimen ditemukan sekitar 62,67% (3) berdasarkan tebel paried samples test untuk menentukan diterima atau ditolaknya Ho. Dari kolom t menunjukkan koefisien t hitung sebesar 9,171 dengan koefisien P-value sebesar 0,000. P-value lebih kecil dari 0,05 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kematangan emosi siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok metode diskusi. (4) Dapat disimpulkan berdasarkan data tersebut maka dapat diartikan kematangan emosi meningkat setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi pada siswa kelas X IPS 5 SMA N 8 Kota Jambi. Kata Kunci: Kematangan Emosi, layanan bimbingan kelompok dengan metode diskusi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MIFTAH KURNIADI
Date Deposited: 14 Oct 2019 00:26
Last Modified: 14 Oct 2019 00:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item