Saputri, Windi PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA.
![]() |
Text
1. COVER PERTAMA.docx Download (31kB) |
![]() |
Text
4.LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI NEW.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (22kB) |
Abstract
Bahan ajar yang digunakan oleh guru sangat menetukan proses dan hasil belajar. Bahan ajar yang berupa modul elektronik ini dapat disajikan multimedia dengan video, gambar, animasi dan audio, sehingga siswa bisa lebih tertarik dalam proses pembelajaran. Memungkinkan siswa belajar di rumah sehingga belajar menjadi optimal. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis masalah untuk materi sistem koloid kelas XI SMA. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul elektronik berbasis masalah untuk materi sistem koloid kelas XI SMA yang telah dikembangkan. Salah satu pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk belajar secara mandiri adalah model pembelajaran berbasis masalah. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan desain model pengembangan 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Modul elektronik yang telah disusun kemudian divalidasi oleh tim ahli media dan tim ahli materi untuk selanjutnya diuji coba pada kelompok kecil siswa kelas XI SMA untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap modul berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media yang dikembangkan dalam penelitian ini memiliki hasil validasi materi dengan skor 86 yang termasuk kategori sangat baik, hasil validasi media dengan skor 92 yang termasuk kategori sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil di SMAN 5 dari respon siswa diperoleh 90,4% dengan kategori sangat baik, hasil ujicoba di SMAN 8 dari respon siswa diperoleh 86% termasuk kategori sangat baik dan hasil uji coba di SMAN 10 dari respon siswa diperoleh 85,73% termasuk kategori sangat baik dan respon guru didapat persentase 87% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa modul elektronik berbasis masalah untuk materi sistem koloid kelas XI SMA mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dan guru.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WINDI SAPUTRI |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 01:12 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 01:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |